Form FMEA Dunia Industri - Learning by Doing

Saturday, March 25, 2023

Form FMEA Dunia Industri

FMEA (Failure Mode and Effects Analysis) adalah sebuah metode sistematis untuk mengidentifikasi dan menganalisis potensi kegagalan atau risiko dalam suatu sistem, produk, atau proses. Metode ini digunakan untuk meminimalkan risiko potensial terhadap kualitas, keandalan, dan keselamatan produk atau sistem.

Dalam FMEA, sebuah tim akan melakukan analisis dengan mengidentifikasi potensi kegagalan atau risiko pada setiap tahap dari produk atau sistem, mulai dari desain hingga produksi, pengiriman, dan penggunaan. Setelah potensi kegagalan teridentifikasi, tim akan mengevaluasi setiap potensi kegagalan untuk menentukan seberapa serius dampaknya, seberapa sering potensi kegagalan itu mungkin terjadi, dan seberapa mudah potensi kegagalan itu dapat dideteksi. Setelah semua potensi kegagalan diidentifikasi dan dianalisis, tim akan menentukan tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko atau dampak dari potensi kegagalan tersebut.

Dalam Form FMEA, terdapat beberapa kolom yang harus diisi dengan informasi terkait sistem atau produk yang sedang dianalisis.


Bagikan artikel ini

No comments:

Post a Comment