Konsep Bioekonomi Perikanan - Learning by Doing

Tuesday, March 28, 2023

Konsep Bioekonomi Perikanan

Dalam era globalisasi yang semakin maju, sektor perikanan menjadi salah satu sektor yang paling penting bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi ini. Namun, peningkatan permintaan akan sumber daya laut, seperti ikan, telah menyebabkan penurunan stok ikan di berbagai perairan dunia. Hal ini mendorong munculnya konsep bioekonomi perikanan sebagai salah satu solusi untuk menjaga keberlangsungan sumber daya laut yang ada.

Definisi Bioekonomi Perikanan

Bioekonomi dapat diterapkan dalam kajian pengelolaan sumberdaya hayati diikuti dengan konsep ekonomi, terutama optimalisasi benefit. Benefit yang dimaksud disini adalah keuntungan yang dipengaruhi oleh penerimaan dan pengeluaran. Bidan perikanan juga termasuk bidang yang paling banyak menggunakan ilmu bioekonomi. Kompleksitas sumberdaya perikanan menyebabkan perlunya pengembangan model yang diperlukan sebagai pendekatan dalam pembuatan kebijaka. Model menerupakan simplifikasi dari suatu realita, namun dapat secara efektif digunakan untuk menggambar realita representatif dengan mengabaikan hal yang dinilai tidak signifikan jika dihilangkan.

Bioekonomi perikanan berasal dari tiga kata, yaitu biologi, ekonomi dan perikanan. biologi berasal dari kata `bio` yang berarti kehidupan, dan kata `logos` yang diartikan sebagai ilmu. Oleh karena itu, biologi secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu mengenai kehidupan makhluk hayati, termasuk sumberdaya ikan.

Sedangkan ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan untuk menggunakan sumberdaya langka dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, termasuk memaksimalkan keuntungan.

Perikanan adalah ilmu yang mempelajari sifat, karakteristik dan pengelolaan sumberdaya ikan. Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2004 tentang Perikanan, pengertian perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya mulai dari pra produksi sampai pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. 

Sumberdaya ikan adalah potensi semua jenis ikan yaitu segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan. Dalam statistik perikanan, yang dimaksud dalam perikanan adalah kegiatan ekonomi dalam bidang penangkapan atau pembudidayaan ikan/binatang air lainnya.

Bioekonomi perikanan merupakan ilmu yang bersifat multidisiplin. Definisi bioekonomi perikanan adalah sebuah konsep yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi, manajemen sumber daya laut, serta prinsip ekonomi untuk meningkatkan keberlanjutan dan produktivitas sektor perikanan. Dengan menggunakan pendekatan yang berkelanjutan dan berbasis ilmu pengetahuan, konsep bioekonomi perikanan dapat membantu memperbaiki manajemen sumber daya laut, meningkatkan produksi perikanan secara berkelanjutan, dan menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi masyarakat dan ekonomi.

Bagikan artikel ini

No comments:

Post a Comment